Media Pembelajaran Audio Visual
Resume Materi Media Pembelajaran Audio Visual
PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran dipergunakan untuk
memudahkan penyampaian materi kepada peserta didik. Peserta didik akan terbantu
dalam memahami materi yang komplek. Pemanfaatan media juga berperan besar dalam
memberikan pengalaman bagi peserta didik. Guru yang profesional adalah guru
yang dapat merancang atau mendesain suatu kegiatan pembelajaran pada kondisi
apapun. Baik itu kondisi sarana prasarana yang minim, lingkungan yang kurang
kondusif, bahkan peserta didik yang memiliki latar belakang kemampuan afektif,
kognitif, fisik, psikomotor yang berbeda. Dalam penggunaan media pembelajaran
guru dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan dan
menciptakan medianya tersebut.
Media sendiri berasal dari bahasa latin medius yang mengandung arti perantara atau
pesan. Media dapat diartikan sebagai perantara atau pengantar pesan dari
pengirim ke penerima pesan.Gerlanch dan
Ely (Azhar Arsyad, 2005 : 3) mengatakan bahwa Media adalah manusia, materi,
atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat peserta didik mampu
memperoleh pengalaman belajar. Dalam cakupan lebih sempit media diartikan
sebagai alat-alat untuk menyusun kembali informasi visual atau verbal yang
disampaikan. Media berperan sebagai medium untuk mengantarkan pesan dari sumber
ke penerima.
Menurut sejarahnya, media pembelajaran pertama
kalinya disebut visual-education (alat
peraga), kemudian menjadi audio-visual aids (bahan pembelajaran) ,
seterusnya berkembang menjadi audio
visual comunication (komunikasi pandang dan dengar) dan selanjutnya berubah
menjadi educational technology
(teknologi pendidikan) atau teknologi pembelajaran. Oemar Hamalik(1994 : 77) mengatakan manfaat atau kelebihan media
pembelajaran yaitu : menjelaskan materi pembelajaran atau objek yang abstrak
(tidak nyata) menjadi konkret, memberikan pengalaman nyata dan langsung karena
siswa dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan tempat belajarnya,
mempelajari materi pembelajaran secara berulang-ulang, memperbesar perhatian
siswa, menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinu terutama melalui gambar
hidup, serta membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan
kemampuan berbahasa.
PENGERTIAN
MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL
Media audio
visual adalah media pembelajaran yang melibatkan indera penglihatan sekaligus
indera pendengaran. Media audio visual dikatan media yang sangat membantu dalam
proses belajar mengajar. Media audio visual dapat membantu peserta didik dalam
memahami materi yang bersifat abstrak
menjadi lebih konkrit karena selain mendengarkan apa yang disajikan, media
audio visual juga menyajikan visualisasi langsung dari materi yang diajarkan.
Media audio visual adalah media yang mengandung unsure suara dan unsure gambar.
Media audio visual merupakan sebuah alat bantu audio-visual yang berarti bahan
atau alat yang dipergunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan
kata yang diucapkan dalam menularkan pengetahuan, sikap dan ide.
Media audio
visual terdiri atas media audio visual diam, yaitu media yang menampilkan
gambar dan suara diam seperti film bingkai suara (sound slide), film rangkai
suara. Audio visual gerak, yaitu media yang dapat menampilkan gambar dan suara
yang bergerak seperti film suara dan video cassette. Dan dilihat dari segi
keadaannya, media audio visual dibagi menjadi audio visual murni yaitu unsure
suara maupun unsure gambar berasal dari suatu sumber seperti film audio
cassette. Sedangkan audio visual tidak murni yaitu unsure suara dan gambarnya
berasal dari sumber yang berbeda, misalnya film bingkai suara yang unsure gambarnya
bersumber dari slide proyektor dan unsure suara berasal dari tape recorder.
JENIS MEDIA
AUDIO VISUAL
Berikut
beberapa jenis-jenis media audio visual :
1. Audio audio
visual murni
Audio-visual murni atau sering disebut dengan audio
visual gerak yaitu media yang dapat menampilkan unsure suara dan gambar yang
bergerak, unsure suara maupun unsure gambar tersebut berasal dari suatu sumber.
2. Audio visual
tidak murni
Audio visual tidak murni yaitu media yang unsur suara
dan gambarnya berasal dari sumber yang berbeda. Media ini sering juga disebut
dengan media audio visual diam plus bersuara. Media pembelajaran gabungan slide
dan tape dapat digunakan pada berbagai lokasi dan untuk berbagai tujuan
pembelajaran yang melibatkan gambar-gambar guna menginformasikan atau mendorong
lahirnya respon emasional.
KELEBIHAN DAN
KEKURANGAN MEDIA AUDIO VISUAL
Media audio visual memiliki kelebihan dan kekurangan
masing-masing dari dua jenis media audio
visual yaitu audio visual gerak dan audio visual diam.
Berikut kelebihan media audio visual gerak
1. Dapat
menggambarkan suatu proses
2. Dapat
menimbulkan kesan ruang dan waktu
3. Penggambarannya
bersifat tiga dimensional
4. Suara yang
dihasikan dapat menimbulkan realita pada gambar dalam bentuk ekspesi murni
5. Dapat
menyampaikan suara seorang ahli sekaligus melihat penampilannya
6. Menambah
realita objek yang diperagakan
7. Dapat
menggambarkan teori sains
Sedangkan kekurangam media audio visual sebagai
berikut :
1. Film
bersuara tidak dapat diselingi dengan keterangan-keterangan yang diucapkan
sewaktu video diputar, penghentian pemutaran akan mengganggu konsentrasi
audien.
2. Audien tidak
dapat mengikuti dengan baik jika video diputar terlalu cepat.
Sedangkan kelebihan
dari media audio visual diam :
1. Materi
pelajaran yang sama dapat disebarkan keseluruh siswa secara serentak.
2. Perhatian
peserta didik dapat dipusatkan pada satu butir tertentu
3. Fungsi
berfikir peserta didik dirangsang dan dikembangkan secara bebas
4. Film bingkai
berada di bawah kontrol guru
5. Dapat
dilakukan secara klasikal maupun individu
6. Penyimpanannya
mudah (praktis)
7. Dapat
mengatasi keterbatasan-keterbatasan ruang, waktu dan indera
8. Mudah
direvisi/diperbaiki, baik visual maupun audionya
9. Relative
sederhana dan murah dibandingkan dengan media gerak
10. Program
dibuat dalam waktu singkat
Komentar
Posting Komentar