Perkembangan Peserta Didik: Perkembangan Bakat Khusus

PERKEMBANGAN BAKAT KHUSUS



A. Definisi Bakat, Kemampuan, dan Kapasitas
  • Bakat adalah kemampuan bawaan yang masih perlu pengembangan dan latihan lebih lanjut.
  • Kemampuan adalah daya untuk melakukan sesuatu sebagai hasil dari pembawaan dan latihan.
  • Kapasitas adalah kemampuan yang dapat dikembangkan di masa yang akan datang apabila latihan dilakukan optimal.

B. Klasifikasi Bakat

a) Bakat umum adalah kemampuan/ potensi yang bersifat umum.
Contoh : bakat intelektual.
b) Bakat khusus adalah kemampuan/ potensi yang bersifat khusus.
Contoh : bakat akademik, sosial & kinestetik.


C. Jenis- jenis Bakat Khusus
a)      Bakat akademik khusus
Misalnya : bakat dalam angka-angka, logika dan bahasa
b)      Bakat kreatif-produktif
Misalnya : bakat menghasilkan rencangan arsitektur
c)      Bakat estetik/ seni
Misalnya : bakat dalam mengaransemen lagu
d)      Bakat kinestetik/ psikomotor
Misalnya : bakat dalam bidang sepak bola
e)      Bakat sosial
Misalnya : bakat dalam berkomunikasi dalam organisasi


D. Hubungan antara Bakat dan Prestasi
            Perwujudan nyata dari bakat dan kemampuan adalah prestasi, karena bakat dan kemampuan sangat menentukan prestasi seseorang.
         Tetapi, perlu ditekankan bahwa bakat itu masih bersifat potensial, maka seseorang yang berbakat belum tentu mampu mencapai prestasi yang tinggi dalam suatu bidang,  kalau tidak memperoleh kesempatan untuk mengembangkan bakatnya secara maksimal.

E. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bakat Khusus
            a)      Faktor internal :
·         Minat
·         Motif berprestasi
·         Keberanian mengambil resiko
·         Keuletan dalam menghadapi tantangan
·         Kegigihan dalam mengatasi kesulitan

b)      Faktor eksternal :
·         Kesempatan maksimal untuk mengembangkan diri
·         Sarana dan prasarana
·         Dukungan dan dorongan orang tua/keluarga
·         Lingkungan tempat tinggal
·         Pola asuh orang tua


F. Upaya Pengembangan Bakat Khusus Remaja dan Implikasinya bagi Pendidikan

  1. Mengembangkan situasi dan kondisi yang memberikan kesempatan bagi anak- anak maupun remaja untuk mengembangkan bakat khususnya dengan mengusahakan dukungan baik psikologis maupun fisik.
  2. Berupaya menumbuh-kembangkan minat dan motif berprestasi yang tinggi di kalangan anak dan remaja baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat .
  3. Meningkatkan kegigihan dan daya juang pada diri anak dan remaja dalam menghadapi berbagai tantangan.
  4. Mengembangkan program pendidikan berdiferensi di sekolah dengan kurikulum berdiferensiasi.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Thanks arman . materinya simple dan mudah untuk di pahami

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah. Trimakasih irma. Mudah2an manfaat ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Pembelajaran Induktif dan Deduktif

Perkembangan Peserta Didik: Kebutuhan dan Pemenuhannya