Media Pembelajaran Audio


Resume Materi Media Pembelajaran Berbasis Audio
Menurut (Arsyad: 2014) Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti ‘tengah’, ‘perantara’ atau ‘pengantar’. Dalam bahasa Arab media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Apabila media dipahami secara garis besar adalah manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. Nah, menurut pengertian ini sangat jelas bahwa guru, buku teks dan lingkungan sekolah merupakan media. Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi visual dan verbal. Ringkasnya, media adalah alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan pembelajaran.
Menurut Gagne’ dan Briggs (1975) secara implicit mengatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secra fisik digunakan untuk menyampaikan isi  materi pengajaran, yang terdiri dari dari antara lain buku, tape recorder, kaset, video camera, video recorder film, slide, foto, gambar, grafik, televisi, dan computer.
National Education Association memberikan definisi media sebagai bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio-visual dan peralatannya. Dengan demikian media dapat dimanipulasi, dilihat, didengar dan dibaca.
Istilah ‘media’ bahkan sering dikaitkan atau bahkan dipergantikan dengan kata ‘teknologi’ yang berasal dari kata Latin tekne dalam bahasa Inggris art dan logos dalam bahasa Indonesia yang berarti ilmu.
Menurut Webster, (1983: 105) “art” adalah kemampuan (skill) yang diperoleh lewat pengalaman, studi dan observasi. Bila dihubungkan dengan pendidikan, teknologi diartikan perluasan konsep tentang media, dimana teknologi bukan sekedar benda, alat, bahan atau perkakas tetapi tersimpul pula sikap, perbuatan, organisasi dan manajemen yang berhubungan dengan penerapan ilmu.
Media audio pembelajaran adalah sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau rangkaian pesan materi pembelajaran melalui suara ataupun bunyi yang direkam menggunakan alat perekam suara kemudian diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah alat pemutarnya. Media audio merupakan alat bantu bagi peserta didik yang sifatnya hanya sekedar membantu, maka dalam pemanfaatannya memerlukan bantuan, metode atau media lain sehingga pengetahuan dan pengalaman siap dimiliki oleh pendengar yang akan membantu keberhasilan.
Menurut Sadiman (2005 : 49) berpendapat bahwa media audio adalah media untuk menyampaikan pesan yang akan disampaikan dalam bentuk lambing-lambang auditif baik verbal maupun nonverbal.
Menurut Sudjana dan Rifa’i (2003: 129) media audio untuk pengajaran adalah bahan yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (pita suara/piringan suara), yang dapat menstimulus pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga terjadi proses belajar mengajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Pembelajaran Induktif dan Deduktif

Perkembangan Peserta Didik: Kebutuhan dan Pemenuhannya

Perkembangan Peserta Didik: Perkembangan Bakat Khusus