Ini Unja, Dari 5 Jenis KKN hingga PPL Internasional

"Dari 5 Jenis KKN hingga PPL Internasional"

Mendalo– Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada mayarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.

“Sekarang kami sedang melaksanakan rekrument KKN Reguler semester genap tahun 2018/2019, persiapan rekrumen sudah dilakukan sejak akhir 2018 lalu dan sekarang tengah proses rekrutmennya,” Ujar Kabib, Ketua Badan Pelaksana (Bapel) Kukerta Unja.

Selain itu Kabib juga mengatakan saat ini ada sekitar lima jenis Kukerta yang akan di dilaksanakan seperti, KKN Reguler, KKN Tematik, KKN Kebangsaan, KKN Bersama dan KKN Revolusi Mental. KKN Tematik bekerjasama dengan beberapa Kementrian seperti Kementrian Sosial, Kemetrian PUPR, ada sedikit perbedaan pada persyaratannya tetapi tetap sama dalam pelaksanaannya.

“Dalam KKN Tematik dan KKN Reguler, ada beberapa perbedaan seperti di persyaratan. Kalau KKN Tematik IPK mahasiswa minimal 3,25 kemudian mahasiswa harus membuat proposal dengan tema dia yang menetukan tapi kalo bekerjasama dengan Kementerian tema berasal dari Kementerian sedangkan pelaksanaannya diadakan pada saat libur semester,” Terang Kabib.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa waktu pelaksanaan Kukerta akan dilaksanakan selama 60 hari.[1]

Sementara itu, Sea Teacher Project atau juga biasa disebut dengan Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia, adalah sebuah program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari universitas yang ada di Asia Tenggara untuk memiliki pengalaman praktikum mengajar di sekolah-sekolah di negara-negara lain di Asia Tenggara.

 Gambar : Rapat UPT Internasional bersama Dekan-dekan

Program SEA Teacher Project ini diinisiasi oleh Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO). Sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1965 yang melibatkan negara di Asia Tenggara untuk mempromosikan kerja sama di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan di negara-negara anggota.

UPT Layanan Internasional Universitas Jambi (Unja) mengadakan acara penyambutan peserta kegiatan Batch SEA Teacher Project yang ke-7 di Ruang Aula LPPM, Kampus Pinang Masak Unja Mendalo, Kamis (10/1).

Kegiatan dihadiri oleh Dekan FKIP, Prof. Dr. rer. Nat. Asrial, M.Si, Dekan FIK, Dr. Drs. Sukendro, M.Kes, Ketua UPT KUI, Sri Wachyunni, S.S., M.Hum., M.A., Ph.d, Sister Honorate Sahlee A.Palojo Dean of Collage of Health Science of Saint Paul University Surigao, Pembimbing dari SMU 5 Kota Jambi, SMP 11 Jambi, SD 47 Jambi dan TK Pertiwi.

Ketua UPT Layanan Internasional Sri Wachyunni, S.S., M.Hum., M.A., Ph.d, mengatakan PPL Internasional Asean diikuti sebanyak delapan orang mahasiswa berasal dari Thailand dan Philipina.

“Saat ini ada delapan mahasiswa yang berasal dari Khonkaen University, Thailand, Saint Louis University Philippines, Nueva Ecija University of Science and Technology, Philippines dan Saint Paul University Surigao, Philippines,” Ujar Sri.

Selain itu Sri mengatakan mahasiswa tersebut akan disebar ke beberapa sekolah yang ada kota Jambi, seperti SMU 5 Jambi, SMP 11 Jambi, SD 47 Jambi dan TK Pertiwi.[2]

Referensi : 
1. https://www.unja.ac.id/2019/01/15/bapel-kkn-persiapkan-5-jenis-kukerta/
2. https://www.unja.ac.id/2019/01/14/upt-layanan-internasional-selenggarakan-sea-teacher-project-2019/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Pembelajaran Induktif dan Deduktif

Perkembangan Peserta Didik: Kebutuhan dan Pemenuhannya

Perkembangan Peserta Didik: Perkembangan Bakat Khusus