Kumpulan Abstrak Penelitian Pendidikan Fisika

Kumpulan Abstrak Penelitian Pendidikan Fisika



Pengembangan Buku Ajar IPA Berkonteks Kearifan Lokal Jambi dengan Pendekatan SETS Kelas VII Semester 1


Abstrak: Pengembangan Buku Ajar IPA Berkonteks Kearifan Lokal Jambi dengan Pendekatan SETS Kelas VII Semester 1: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M. Si., (II) Fibrika Rahmat Basuki, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: pengembangan, buku ajar, kearifan lokal, SETS Muatan lokal merupakan bahan kajian pada satuan pendidikan yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal yang dimaksudkan untuk membentuk pemahaman peserta didik terhadap keunggulan dan kearifan di daerah tempat tinggalnya. Salah satu bentuk dari muatan lokal yaitu buku teks pelajaran atau buku ajar berkonteks kearifan lokal. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk buku ajar IPA berkonteks kearifan lokal Jambi dengan pendekatan SETS kelas VII semester 1. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat respon siswa terhadap buku ajar IPA berkonteks kearifan lokal Jambi dengan pendekatan SETS kelas VII semester 1. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate (ADDIE). Namun, pada penelitian ini hanya sebatas pada tahapan Analyze, Design, Development. Sedangkan tahapan Evaluation dan Implementation tidak dilakukan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 7 Muaro Jambi pada Oktober 2018 sampai Februari 2019. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMPN 7 Muaro Jambi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket studi pendahuluan, angket kebutuhan siswa dan guru, angket validasi ahli materi, ahli media serta angket persepsi siswa. Hasil penelitan menunjukkan bahwa produk buku ajar yang dikembangkan berupa buku yang memiliki ukuran A4 (210 x 297 cm). Pada buku ajar yang dikembangkan hanya difokuskan pada bidang ilmu fisika kelas VII semester 1 yaitu objek IPA dan pengamatannya, suhu dan perubahannya, serta kalor dan perpindahannya. Selain itu produk buku ajar pada setiap materinya diintegrasikan pada kearifan lokal Jambi. Berdasarkan didapatkan hasil persepsi siswa mengenai buku ajar IPA berkonteks kearifan lokal Jambi dengan pendekatan SETS kelas VII semester 1 yang dikembangkan amat baik. Hal ini diperoleh dari skor indikator penyajian materi yaitu 4,286. Indikator kebahasaan sebesar 4,222 dan indikator tampilan sebesar 4,330. Berdasarkan indikator-indikator tersebut didapatkan rata-rata keseluruhan yaitu sebesar 4,279. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan maka dapat disarankan bahwa perlu adanya pengembangan lebih lanjut terhadap produk buku ajar IPA berkonteks kearifan lokal Jambi dengan cakupan yang lebih luas. Serta perlunya penambahan evaluasi soal yang beragam.



Abstrak: Pengembangan Modul Efek Doppler Gelombang Bunyi dan Gelombang Kejut Berbasis Saintifik Berbantu Simulasi MATLAB: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Haerul Pathoni, S.Pd., M.Pfis, (II) Febri Berthalita Pujaningsih, S.Si., M.Si. Kata kunci: modul, saintifik, Efek Doppler, simulasi MATLAB R2016a. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat pada mahasiswa dalam mempelajari materi Efek Doppler Gelombang Bunyi dan Gelombang Kejut. Terdapat kesulitan pada pemahaman konsep yang disebabkan bahan ajar yang digunakan belum memenuhi kebutuhan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul berbasis saintifik pada materi Efek Doppler Gelombang Bunyi dan Gelombang Kejut berbantu simulasi MATLAB R2016a serta mengetahui persepsi mahasiswa terhadap produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Tetapi pada penelitian ini hanya melakukan Analysis, Design, Development dan Evaluation sedangkan tahap Implementation tidak dilakukan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi angkatan 2016. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, ahli media serta angket persepsi mahasiswa. Hasil pengembangan modul telah dinyatakan valid setelah melalui tahapan validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi oleh ahli materi adalah 77,75% dengan kategori baik dan hasil validasi oleh ahli media adalah 90,48% dengan kategori sangat baik. Selain itu, hasil analisis data persepsi diperoleh persentase sebesar 85,33% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul berbasis saintifik pada materi Efek Doppler Gelombang Bunyi dan Gelombang Kejut berbantu simulasi MATLAB R2016a yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai bahan ajar pada mata kuliah Gelombang dan Optik.



Abstrak: Gelombang dan Optik merupakan salah satu mata kuliah yang dipelajari pada Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi. Berdasarkan angket kebutuhan awal, diperoleh bahwa 88% mahasiswa menyatakan materi Gerak Gelombang, termasuk materi yang sulit dipelajari. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengembangkan modul cetak pada materi Gerak Gelombang berbasis Problem Based Instruction berbantu simulasi MATLAB R2016a, mengetahui hasil dan persepsi mahasiswa terhadap modul cetak tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE dan hanya dilakukan sampai pada tahap Develop. Dengan subjek penelitian ini yaitu 25 mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi angkatan 2016. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi media dan materi serta angket persepsi mahasiswa. Tahap Analyze untuk memperoleh data yaitu kurangnya penurunan rumus dan bahan ajar yang digunakan merupakan buku berbahasa Inggris. Selanjutnya tahap Desain, desain modul cetak dibuat menggunakan Photoshop CS 5 dan simulasi dibuat menggunakan software MATLAB R2016a. Tahap Develop, pengembangan modul Gerak Gelombang berbasis Problem Based Instruction berbantu simulasi MATLAB R2016a yang terdiri dari 6 kegiatan. Hasil validasi terhadap media 80% dengan kategori baik dan hasil validasi materi 83% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil persepsi mahasiswa terhadap produk yang dikembangkan adalah 81.4% dengan kategori sangat baik. Keunggulan dari produk yang dikembangkan adalah kegiatan pembelajaran disusun secara sistematis sesuai dengan sintak Problem Based Instruction, terdapat simulasi MATLAB R2016a dan didesain dengan menarik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul Gerak Gelombang berbasis Problem Based Instruction berbantu simulasi MATLAB R2016a pada mata kuliah Gelombang dan Optik layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Gelombang dan Optik.



Abstrak: Identifikasi kesadaran metakognitif peserta didik kelas X MIA SMA Islam Al-Falah Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Hidayat, M.Pd., (II) Dr. Rendy Wikrama Wardana, M.Pd. Kata kunci: identifikasi, kesadaran metakognitif, peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesadaran metakognitif peserta didik kelas X MIA SMA Islam Al- Falah Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam AL- Falah Jambi pada tahun 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada peserta didik (sebagai data utama) dan wawancara dengan peserta didik (sebagai data penunjang). Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil pennelitian ini menunjukan kesadaran metakognitif peserta didik kelas X MIA SMA Islam Al- Falah Jambi tergolong baik pada pengetahuan metakognitif dan pengalaman atau regulasi metakognitif. Untuk pengetahuan metakognitif yang mencakup di dalamnya pengetahuan deklaratif (declarative knowledge) dengan presentase 70%, pengetahuan prosedural (procedural knowledge) dengan presentase 53,33%, dan pengetahuan kondisional (condicional knowledge) dengan presentase 60%, dan untuk pengalaman atau regulasi metakognitif pada kegiatan perencanaan (including planing) dengan presentase 60%, management informasi (information management strategies) dengan presentase 53,33%, pemantauan terhadap pemahaman (comprehention monitoring) dengan presentase 56,66%, strategi tindakan (debugging strategies) dengan presentase 53,33%, dan evaluasi (evaluating) dengan presentase 73,33%. Hal ini berarti peserta didik kelas X MIA SMA Islam Al- Falah Jambi dapat mengetahui tentang diri sebagai pelajar dan faktor-faktor yang mungkin berdampak kinerja, pengetahuan tentang strategi, dan pengetahuan tentang kapan dan mengapa menggunakan strategi yang paling tepat dan mampu menanggulangi kelemahan atau kekuranganya dalam belajar. Hal ini dapat memperkecil kesalahan peserta didik sehingga peserta didik bisa menyusun strategi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dalam pembelajaran. Sehingga menghasilkan sebuah proses pembelajaran yang berarti bagi peserta didik dan tecapainya tujuan pembelajaran dengan baik. Dari hasil penelitian ini disarankan guru dapat mengevaluasi cara mengajarnya kearah yang lebih baik supaya meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik di sekolah sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang lebih optimal.



Abstrak: Perbedaan Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 16 Muaro Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dra. Astalini, M.Si., (II) Dwi Agus Kurniawan, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: Perbedaan, Sikap IPA, SMP Berdasarkan hasil observasi studi pendahuluan yang dilakukan di SMP kecamatan Kumpeh Ulu mengenai mata pelajaran IPA. Siswa banyak yang tidak fokus, mengantuk, dan mengobrol pada saat pembelajaran di kelas selain itu dukungan fasilitas yang diberikan oleh pihak sekolah untuk menunjang kreativitas siswa juga kurang memadai. Akibatnya banyak timbul sikap negatif yang dimiliki siswa terhadap mata pelajaran IPA dan dibutuhkan perhatian lebih oleh pihak sekolah, guru maupun wali murid agar dapat meningkatkan sikap positif siswa terhadap IPA. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA pada jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Kumpeh Ulu Tahun Pelajaran 2018/2019. Sehingga guru dan pihak sekolah mampu melihat bagaimana sikap negatif yang dimiliki siswa SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 16 kecamatan Kumpeh Ulu Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif jenis komparatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 16 kecamatan Kumpeh Ulu pada bulan November 2018. Jumlah populasi sebanyak 225 menggunakan teknik total sampel. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan instrumen angket sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA kepada seluruh siswa SMP (sebagai data utama). Setelah pengumpulan data selesai maka data dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif yang disajikan melalui tabel data dan analisis inferensial menggunakan uji t 2-sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan siswa SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 16 kecamatan Kumpeh Ulu dilihat dari nilai t_hitung. Dengan nilai t_hitung > t_tabel ( 3,441 > 1,652) maka Ha diterima, artinya jika nilai t_hitung lebih besar dari nilai t_tabel maka terdapat perbedaan sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA antara SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 16 kecamtan Kumpeh Ulu kabupaten Mauro Jambi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Pembelajaran Induktif dan Deduktif

Perkembangan Peserta Didik: Kebutuhan dan Pemenuhannya

Perkembangan Peserta Didik: Perkembangan Bakat Khusus